50/20/30, Formula Anggaran untuk si Minimalist

January 19, 2017 admin Keuangan Pribadi

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa kunci utama untuk memiliki keadaan keuangan yang sehat adalah dengan menciptakan anggaran atau budget yang tepat. Namun Anda bingung, karena Anda sendiri tidak tahu anggaran atau budget manakah yang masuk dalam kategori “tepat.”

Kali ini kami akan berbagi salah satu formula anggaran yang sudah umum dipakai oleh banyak orang, yang banyak orang bilang cocok bagi yang berjiwa minimalist atau sederhana, yaitu 50/20/30.

50 – Esensial

Dalam formula anggaran ini, 50% dari total pendapatan Anda tiap bulannya digunakan untuk pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya esensial. Hal-hal yang masuk ke dalam kategori ini adalah kebutuhan Anda sehari-hari, mulai dari makan, minum, transportasi, biaya listrik, air, dan lain-lain.

Selain untuk biaya hidup sehari-hari, biaya cicilan atau biaya-biaya lain yang harus Anda tanggung juga masuk ke dalam kategori ini, misalnya, biaya angsuran KPR, biaya sekolah, cicilan motor, dan lain-lain.

20 – Simpanan

Setelah 50% dari pendapatan Anda sudah disisihkan, kemudian 20% dari pendapatan tersebut harus Anda masukkan ke dalam tabungan Anda. Tabungan ini bisa bersifat tabungan jaga-jaga ataupun tabungan untuk tujuan tertentu, misalnya tabungan untuk sekolah lagi.

30 – Personal

Setelah Anda memprioritaskan anggaran pengeluaran esensial dan tabungan, maka sisanya, yaitu 30% dapat Anda gunakan untuk hal-hal lain. Anda bisa menggunakan 30% dari pendapatan Anda untuk berbagai hal yang dapat membahagiakan Anda, mulai dari makan-makan, jalan-jalan, berbelanja, atau ditabung untuk membantu Anda mewujudkan impian yang cukup mahal, misalnya membeli gadget baru.

Apakah formula ini yang paling tepat?

Tentu kita tidak bisa mengatakan bahwa pola anggaran ini merupakan yang paling tepat, karena formula ini melihat pola hidup yang minimalist.

Beberapa mengatakan bahwa pada kehidupan nyata, hanya menyisihkan 50% untuk biaya esensial adalah hal yang mustahil, apalagi ketika mereka memiliki tanggungan angsuran KPR atau biaya pendidikan anak.

Yang perlu digarisbawahi adalah formula ini adalah sebuah panduan untuk menentukan bagaimana Anda menentukan pengeluaran Anda, sehingga Anda tidak menanggung beban keuangan yang jauh di atas kemampuan Anda. Jadi ketika biaya angsuran yang Anda tanggung saja melebihi dari 50% pendapatan Anda, maka bisa jadi sebenarnya Anda telah mencoba untuk memiliki sesuatu yang berada di luar kemampuan finansial Anda.

Ada juga orang-orang yang berpendapat bahwa seseorang harus menabung setidaknya 30% dari pendapatan per bulannya.

Hal ini juga tidak salah, karena pada akhirnya formula ini adalah sebuah panduan Anda untuk menciptakan anggaran pengeluaran Anda. Jika ternyata Anda hanya butuh 20% dari pendapatan untuk kegiatan senang-senang dan dapat menabung sebesar 30% dari pendapatan Anda, kenapa tidak?

admin

Leave your comment