• Pentingnya Me-review Keuangan Anda di Akhir Bulan Featured

    February 20, 2017 admin Keuangan Pribadi
    Pernahkah pada suatu akhir bulan (atau awal bulan jika Anda gajian di akhir bulan), Anda menemukan bahwa saldo tabungan Anda terlihat jauh lebih rendah daripada ekspektasi Anda? Namun, kemudian Anda hanya berpikir “oh, mungkin saya boros bulan ini?”   ...
  • Tips Mudah Menghemat Uang à la thinkOMG

    February 21, 2017 admin Keuangan Pribadi, ThinkOMG
    Sebagai pihak yang siap membantu Anda mengorganisir uang Anda, kami juga tak mau kalah dan siap berbagi tips menghemat uang à la thinkOMG. ...
  • Lima Prinsip Mengelola Keuangan Pribadi

    January 20, 2017 admin Keuangan Pribadi
    Pernahkah Anda bertanya, apakah ada prinsip tertentu agar seseorang dapat mengelola keuangannya dengan baik? Jawabannya ada. Menurut “The Money Professor,” trio pengajar keuangan yang terdiri dari Mark Weitzel, Bill Pratt, dan Len Rhodes; ada lima prinsip mengenai pengelolaan keuangan pribadi yang harus dipahami. ...
  • 50/20/30, Formula Anggaran untuk si Minimalist

    January 19, 2017 admin Keuangan Pribadi
    Kali ini kami akan berbagi salah satu formula anggaran yang sudah umum dipakai oleh banyak orang, yang banyak orang bilang cocok bagi yang berjiwa minimalist atau sederhana, yaitu 50/20/30. ...
  • 5 Kebiasaan Pemicu Bencana Finansial

    December 21, 2016 admin Keuangan Pribadi

    Ada banyak kebiasaan-kebiasaan yang kita miliki, yang masuk ke dalam kategori kebiasaan yang “tidak bijak” dari sudut pandang keuangan, yang dapat membuat kita tertimpa bencana finansial atau keuangan.

    Beberapa di antaranya sudah umum diketahui sebagai sebuah kebiasaan yang buruk (namun tetap dilakukan), sementara beberapa masih sering dianggap sebagai kebiasaan yang wajar dan tidak berbahaya (namun kenyataannya dapat menyebabkan masalah keuangan).

    Mari kenali beberapa kebiasaan tersebut, agar kita bisa bersikap lebih bijak lagi, agar terhindar dari si bencana finansial.

    Besar pasak daripada tiang

    Ketika kita memiliki pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan yang kita miliki, maka keadaan ini akan menjadi penyebab klasik bagi bencana keuangan untuk kita.

    Beberapa keadaan buruk lainnya pun siap menghantui ketika kita memiliki kebiasaan ini, mulai dari meminjam uang sana sini, tidak dapat menabung, dan tentunya kebangkrutan.

    Ketidakmampuan menahan hasrat untuk membeli cenderung menjadi penyebab orang memiliki kebiasaan ini. Apalagi mengingat kini makin banyak platform yang mempermudah orang untuk melampiaskan hasrat membelinya, misalnya kartu kredit.

    Tidak punya simpanan jaga-jaga

    Kebanyakan orang sudah merasa puas ketika mereka mampu menabung untuk membeli sesuatu. Padahal, namanya hidup selalu ada hal-hal tidak terencana yang dapat terjadi kepada kita, misalnya terserang penyakit.

    Memiliki simpanan jaga-jaga merupakan hal yang sangat baik, karena ketika masalah ini terjadi kepada kita, maka kita akan memiliki dana yang cukup untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan terhindar dari terkena masalah keuangan.

    Sayangnya tidak sedikit orang yang belum sadar akan pentingnya simpanan jaga-jaga ini dan lebih memilih untuk berharap untuk hidup yang selalu “aman-aman” saja.

    Menyepelekan asuransi

    Agar semakin tenang, selain menyiapkan simpanan jaga-jaga, kita juga disarankan untuk memiliki asuransi terhadap kita atau barang-barang milik kita. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita tidak akan tertimpa kerugian yang terlalu besar yang dapat menyebabkan masalah keuangan.

    Sayangnya, sama seperti simpanan jaga-jaga, masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya asuransi dalam hidup mereka.

    Tidak terbiasa menciptakan anggaran belanja

    Masih cukup banyak orang (terutama mereka yang masih single dan berusia muda) yang tidak menyadari pentingnya menciptakan anggaran belanja, dan memilih untuk hidup (dan mengeluarkan uang) ke mana angin bertiup.

    Padahal dengan menciptakan anggaran belanja yang baik, mereka dapat memenuhi setiap unsur kehidupan, baik itu kebutuhan sehari-hari, keinginan (hobi), ataupun kebutuhan menabung, dengan baik dan ideal.

    Menciptakan anggaran belanja adalah salah satu cara yang cukup mudah agar Kita terhindar dari mengeluarkan uang melebihi kemampuan kita.

    Tidak menyiapkan dana pensiun

    Kita sering lupa untuk melihat jauh ke depan dan tidak menyadari bahwa ketika sudah pensiun, kemampuan kita untuk menghasilkan uang akan menurun atau bahkan hilang sama sekali.

    Jika tidak diikuti dengan persiapan keuangan yang baik (entah itu investasi atau usaha lainnya) maka kita akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup kita nanti, yang tentunya dapat menyebabkan kita terkena masalah keuangan.

    Agar terhindar dari keadaan ini, adalah sebuah hal yang sangat bijak untuk tidak mengabaikan dan mulai menyiapkan dana pensiun kita sedini mungkin.